Berita

research

Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Las Dasar di Mentikan

Sebagai SMK unggulan dan SMK rujukan di Kota Mojokerto, SMK Raden Patah juga memiliki program Pengabdian Masyarakat. Salah satunya kegiatan Pelatihan Mengelas Dasar Bagi Warga Kelurahan Mentikan yang dilaksanakan 12 - 14 Agustus 2020 lalu.

Bertempat di Kantor Kelurahan Mentikan, sekitar 50 warga dari berbagai kalangan dan usia menggali ilmu pengelasan dasar dari para tutor SMK Raden Patah. Materi yang diberikan antara lain K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Pengelasan dan Las Listrik (SMAW). Materi diberikan dalam bentuk teori yang kemudian dilanjutkan dengan praktik membuat rak/stand bunga, stand TV, dan kursi taman.

Tutor yang ditugaskan pada kegiatan Pelatihan tersebut yaitu Bapak Nurcholis, S.T. dan Bapak Muqoddim Sarroo'u Wibowo, S.T. yang merupakan guru produkif Teknik Pengelasan SMK Raden Patah. Tidak main-main, pak Nurcholis dan pak  Muqoddim sudah memegang sertifikasi Asesor Kompetensi Bidang Pengelasan dari BNSP.

 



Kegiatan Pelatihan Mengelas Dasar Bagi Warga Kelurahan Mentikan merupakan prakarsa dari pak Mashudi, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Mentikan, dan pak Ahmad Siswantoro, Kepala Sekolah SMK Raden Patah Kota Mojokerto. Harapan kedepan, program kerjasama antara LPM Mentikan dan SMK Raden Patah Kota Mojokerto yang serupa dapat terlaksana secara rutin tiap tahun.